Tekno

Begini Proteksinya Agar Data Facebook Disalahgunakan

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Khawatir tentang data Facebook pribadi Anda yang disalahgunakan? Ada beberapa cara untuk mengendalikannya dan cara menghapus akun Anda. Selain itu juga ada langkah singkat yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan akun.

Facebook mendapat kecaman karena perannya dalam cara perusahaan politik Cambridge Analytica mengambil data pribadi lebih dari 50 juta pengguna untuk merancang iklan politik dan mempengaruhi pemilu 2016.

Hal ini memicu serangkaian efek negatif pada Facebook: kepala keamanan informasi perusahaan Alex Stamos, mengundurkan diri; saham perusahaan anjlok, anggota parlemen di AS dan Inggris menuntut penjelasan Facebook dan pengguna mulai khawatir.

Ditambah lagi co-founder WhatsApp, aplikasi mobile messaging yang dibeli Facebook pada tahun 2014, sekarang memberitahu orang-orang untuk menghapus Facebook. Di Twitter, Brian Acton mengatakan “Sudah waktunya. #deletefacebook,”

Untungnya, bagi pengguna, ada beberapa cara untuk memblokir beberapa akses ke data pribadi oleh perusahaan pihak ketiga seperti Cambridge Analytica dan Facebook pada umumnya. Berikut cara melakukannya seperti dilansir di The San Diego Union Tribune:

1. Cara mengakses Data Facebook anda

Ada dua cara pengguna Facebook dapat mengakses data pribadi mereka sendiri, baik melalui Activity Log (Log Aktivitas) atau dengan mengunduh informasi. Log Aktivitas menyimpan data seperti riwayat lokasi pengguna, suka pada postingan dan situs, penelusuran, dll.

Namun, informasi yang diunduh berisi lebih banyak detail sensitif tentang pandangan agama pengguna, pandangan politik, nomor telepon, alamat IP, dan informasi metadata dari foto.

2. Cara menghapus Log Aktivitas Anda

Facebook menyimpan catatan aktivitas setiap pengguna, yaitu semua suka, komentar, reaksi, video yang ditonton, penelusuran yang dilakukan, riwayat lokasi, artikel yang dibaca, dan lainnya. Begitu berada di dalam Log Aktivitas, pengguna dapat mengeklik “more” atau “lebih” di bawah filter “Komentar” di kolom navigasi sebelah kiri.

Dengan mengklik “lebih” pengguna dapat mengakses riwayat pencarian mereka, riwayat lokasi, video yang ditonton dan banyak lagi. Pengguna memiliki pilihan untuk “Clear Searches” dan “Clear Location History” dalam kategori tersebut.

3. Cara mengelola aplikasi pihak ketiga yang mengakses data profil Facebook Anda

Di bawah “Pengaturan,” klik pada opsi untuk “Aplikasi” di kolom navigasi sebelah kiri. Ini akan mengungkapkan semua aplikasi yang memiliki akses ke data profil Facebook Anda sendiri. Untuk memutus sambungan aplikasi pihak ketiga, cukup klik pada X di sebelah kanan setiap ikon.

Untuk mengelola data pribadi yang dapat diakses aplikasi tersebut, klik ikon pensil. Aplikasi pihak ketiga mengumpulkan berbagai data pribadi seperti tanggal lahir, informasi kampung halaman, daftar teman Facebook lengkap, alamat email, riwayat pendidikan, kota saat ini, suka, dan banyak lagi.

4. Cara mengatur bagaimana pengiklan mengakses data profil Facebook Anda

Di bawah “Pengaturan”, klik pada opsi “Iklan” tepat di bawah opsi untuk “Apl.” Atau “click here”. Ini memungkinkan pengguna Facebook untuk mengatur bagaimana iklan ditargetkan kepada mereka. Hal ini juga memungkinkan pengguna Facebook untuk mengatur bagaimana jaringan sosial tersebut mengkategorikan orang.

Misalnya, di bawah pilihan untuk “Your Information” atau “Informasi Anda,” Facebook melacak data pribadi “About You” dan “Your Categories” yang dapat Anda targetkan untuk iklan. Kategori-kategori ini dihitung oleh Facebook berdasarkan informasi yang diberikan pengguna dan aktivitas lainnya.

5. Cara menonaktifkan akun Facebook

Ada empat langkah cepat untuk mematikan halaman Facebook Anda tanpa menghapusnya sepenuhnya. Yang harus Anda lakukan adalah:

– Klik di kanan atas setiap halaman Facebook. Pilih “Pengaturan.” Klik “Umum” di kolom kiri. Pilih “Kelola akun Anda” dan kemudian gulir ke bawah untuk mengklik “Nonaktifkan akun Anda.”

Jika Anda menonaktifkan akun Anda, Facebook akan menyimpan pengaturan Anda, foto dan informasi jika Anda memutuskan untuk mengaktifkannya kembali. Informasi Anda tidak dihapus, tapi hanya tersembunyi. Jika Anda memutuskan untuk masuk kembali, data akan kembali dipulihkan.

6. Cara menghapus akun Facebook anda

Facebook tidak menawarkan opsi “hapus akun” dalam pengaturan, tetapi pengguna dapat menghapus akun mereka dengan mengklik di sini. Sebelum pengguna dapat menghapus akun Facebook-nya, jaringan sosial tersebut akan menawarkan opsi untuk mendownload salinan data dirinya sendiri ke hard drive. Data itu termasuk foto, riwayat obrolan, alamat IP, data pengenalan wajah, dll.

Setelah akun dihapus, akun itu tidak dapat dipulihkan. Penghentian akun Facebook mungkin memakan waktu beberapa hari dan, setelah diminta, masuk kembali ke akun pada dasarnya akan membatalkan permintaan tersebut.

Facebook mengatakan butuh waktu hingga 90 hari untuk sepenuhnya menghapus semua data pribadi pengguna dari servernya, namun hal tersebut belum dapat diverifikasi.

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com