Tekno

Malas Ganti Saringan Udara Bikin Kendaraan Haus Minta Bensin

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Saringan udara mesin adalah komponen yang bertugas memastikan udara yang masuk ke ruang mesin bersih untuk proses pembakaran. Seiring waktu komponen ini bisa kotor makanya wajib dibersihkan atau diganti berkala, kalau tidak salah satu efek negatifnya bikin mesin jadi lebih boros.

Penggantian saringan udara direkomendasikan secara berkala mengikuti anjuran produsen, petunjuk servis berkala, atau paling tidak setiap 40 ribu kilometer perjalanan. Pedoman ini dianjurkan untuk menjaga performa mobil agar tetap prima saat digunakan.

“Jadi sebaiknya itu setiap 40 ribu kilometer filter udara mobil diganti,” kata Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi melalui pesan singkat, Rabu (9/9/2020).

Baca juga :  Wow, Google Temukan Dua Planet Baru

Saringan udara berfungsi menyaring partikel kotoran dan debu agar tidak masuk ke ruang bakar. Campuran udara kotor dengan bensin di proses pembakaran dapat mempengaruhi performa mesin, hasilnya bisa jadi menimbulkan gejala seperti kurang bertenaga.

“Kalau kotoran sudah menumpuk, dikhawatirkan ada partikel yang masuk ke mesin,” kata Didi.

Advertisement

Didi juga menjelaskan masalah lain bila saringan udara kotor yakni mengurangi pasokan udara ke ruang bakar. Ujung-ujungnya sama, performa mesin bisa jadi loyo.

“Karena kapasitas udara yang dibutuhkan berkurang,” tuturnya.

Mengutip Seva, bila saringan udara sudah terlalu kotor, debu atau kotoran dari luar bisa masuk dan menghambat suplai udara ke ruang bakar. Akibatnya konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Akibat terasa kurang bertenaga pengemudi jadi rajin menginjak pedal gas lebih dalam untuk berakselerasi. Mesin juga harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar pasti lebih boros dari kondisi normal.

Didi mengatakan saringan udara harus sering dibersihkan jika mobil sering melalui jalanan berdebu. Menurut dia kondisi lalu lintas sehari-hari sangat mempengaruhi kondisi filter udara.

Membersihkan saringan udara disarankan paling tidak jika sudah melalui perjalanan setiap 10 ribu kilometer.

“Nah makanya itu harus sering dibersihkan,” ujar Didi.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com