Tekno

Mengejutkan, Facebook Kumpulkan Catatan Panggilan dan Data SMS Pengguna

 

 

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Ternyata, selama bertahun-tahun Facebook mengumpulkan catatan panggilan dan data SMS dari perangkat Android selama bertahun-tahun. Beberapa pengguna Twitter melaporkan, mereka menemukan bulan atau tahun data riwayat panggilan dalam file data Facebook yang dapat diunduh.

Sejumlah pengguna Facebook khawatir oleh skandal privasi Cambridge Analytica baru-baru ini, yang mendorong mereka untuk mengunduh semua data yang disimpan Facebook di akun mereka. Hasilnya telah mengkhawatirkan bagi sebagian orang.

“Oh wow file Zip Facebook saya yang telah dihapus berisi info tentang setiap panggilan telepon seluler tunggal dan teks yang saya buat selama sekitar satu tahun,” kata pengguna Twitter Mat Johnson, dikutip dari The Verge, Ahad (25/3/2018).

“Entah bagaimana Facebook memiliki seluruh riwayat panggilan saya dengan ibu pasangan saya,” kata pengguna lainnya, Dylan McKay, mengungkapkan.

Orang lain telah menemukan pola yang serupa. Kontak yang terlihat dekat, seperti anggota keluarga, adalah satu-satunya yang dilacak dalam catatan panggilan Facebook.

Ars Technica melaporkan, Facebook telah meminta akses ke kontak, data SMS, dan riwayat panggilan di perangkat Android untuk meningkatkan algoritma saran teman. Cara tersebut juga untuk membedakan antara kontak bisnis dan sahabat.

Facebook tampaknya mengumpulkan data ini melalui aplikasi Messenger-nya, yang sering mendorong pengguna Android untuk mengambil alih sebagai klien SMS default. Facebook baru-baru ini menawarkan konfirmasi untuk ‘terus mengunggah’ data kontak, termasuk riwayat panggilan dan teks.

Namun, tidak jelas kapan konfirmasi ini mulai muncul sehubungan dengan pengumpulan data historis. Sementara temuan baru-baru ini memperjelas hal tersebut, Ars Technica menunjukkan aspek yang mengganggu bahwa Facebook telah melakukan ini selama bertahun-tahun, khususnya ketika Android melonggarkan izin akses.

Google mengubah izin akses pada perangkat Android agar lebih jelas dan terperinci. Namun, pengembang dapat melewati tahapan tersebut dan terus mengakses panggilan dan data SMS sampai Google menghentikan API Android lama pada Oktober lalu.

Facebook telah menanggapi temuan tersebut. Namun, mereka menyatakan sangat normal bagi aplikasi bisa mengakses riwayat panggilan telepon pengguna ketika pengguna mengunggah kontak ke aplikasi media sosial.

“Bagian terpenting dari aplikasi dan layanan yang membantu Anda membuat koneksi adalah membuatnya mudah untuk menemukan orang-orang yang ingin Anda hubungkan,” kata juru bicara Facebook.

Karena itu, Facebook menyatakan, pertama kali pengguna masuk ke aplikasi pesan atau media sosial melalui perangkatnya, praktik yang banyak digunakan adalah memulai dengan mengunggah kontak ponsel pengguna.

Sementara itu, catatan panggilan dan pengumpulan data SMS yang sama belum ditemukan di perangkat iOS. Apple memang mengizinkan beberapa aplikasi khusus untuk mengakses data ini dengan cara terbatas seperti memblokir panggilan atau teks spam.

Namun, aplikasi ini harus diaktifkan secara khusus melalui proses yang mirip dengan mengaktifkan keyboard pihak ketiga. Mayoritas aplikasi iOS tidak dapat mengakses riwayat panggilan atau pesan SMS, dan aplikasi iOS Facebook tidak dapat menangkap data ini di iPhone.

Facebook Comments

Most Popular

Edunews.

Kirim Berita via: redaksi@edunews.id/redaksiedunews@gmail.com
Iklan Silahkan Hub 08114167811

Copyright © 2016-2018 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!