Tekno

Penyedia Data Internet Asal Singapura Incar Pasar di Indonesia 

JAKARTA,  EDUNEWS.ID – Perusahaan data center yang berpusat di Singapura, SpaceDC, sebelumnya dikenal dengan nama Polymer Connected, mengaku tertarik dengan pertumbuhan pasar digital yang kuat dengan konektivitas internet yang semakin luas di Indonesia.

CEO SpaceDC Darren Hawkins mengklaim pihaknya akan mendorong permintaan penyimpanan data dan pengelolaan layanan hosting untuk tumbuh secara eksponensial di seluruh Indonesia.

“Kami tertarik dengan pasar Data Center di Indonesia, yang merupakan salah satu pasar Data Center tradisional,” jelas Darren melalui keterangan tertulis kepada redaksi, Selasa (19/5/2020).

Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun dalam merancang, membangun dan mengoperasikan fasilitas di seluruh dunia, SpaceDC mengklaim akan memanfaatkan peluang besar untuk pelaku bisnis digital di Indonesia.

Baca juga :  Jokowi Janji Bawa Indonesia Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar

Pasalnya, imbuh Darren, pada tahun 2025, Indonesia siap untuk mengalami pertumbuhan eksponensial karena adanya peningkatan peserta migrasi OTT (Over-the-Top).

Selain itu, SpaceDC juga melihat adanya peningkatan permintaan untuk Data Center lokal setelah pengenalan Regulasi Pemerintah 82 Tahun 2012 mengenai penerapan teknologi 5G.

“Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan adopsi Data Center untuk mempromosikan transformasi digital di seluruh sektor industri,” tutur Darren.

Berbeda dengan data center lainnya, SpaceDC mengklaim mengembangkan bisnisnya menjadi Data Center yang ramah lingkungan. Sebagai green Data Center pertama di Indonesia, inisiatif tersebut adalah dengan menggunakan gas alam untuk menghasilkan listrik sebagai sumber daya fasilitasnya.

Advertisement

“Dengan cara mendaur ulang limbah panas dari generator gas untuk pendinginan melalui pendingin serapan,” ujar Darren.

Darren menambahkan pihaknya menawarkan tiga solusi untuk membantu kebutuhan bisnis digital di Indonesia.

Colocation

Colocation SpaceDC memungkinkan pelanggan melakukan konfigurasi dan mendukung implementasi data center mereka sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Pelanggan bisa menyediakan rak siap pakai pada Data Center atau bahkan Colocation langsung di modul jaringan masing-masing. Solusi ini diklaim cocok untuk yang ingin mengembangkan track record data mereka di Indonesia atau membuat situs disaster recovery (DR).

Wholesale

SpaceDC mengklaim akan memberi perusahaan di Indonesia fleksibilitas untuk membangun jejak Data Center yang sesuai dengan kebutuhan dan dikawal oleh tim IT.

Hyperscale

Penyedia layanan Cloud Hyperscale saat ini juga sedang memperluas infrastruktur, operasional, dan ketersediaan mereka di seluruh Indonesia.

Fasilitas Hyperscale yang ditawarkan oleh SpaceDC menyediakan perusahaan-perusahaan dengan lingkungan yang skalabel, dengan memastikan adanya kapasitas untuk berkembang.

Pelanggan juga memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan ruang data mereka untuk menciptakan ekosistem yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis mereka.

 

 

 

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com