Tekno

PlayStation 5 Siap Dijual di Indonesia

JAKARTA, EDUNEWS.ID – PlayStation 5 siap masuk pasar game console Indonesia dalam waktu dekat. Masuk PS5 ke Indonesia usai direstui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui e-Sertifikasi milik Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI).

Ada dua varian PS5 yang mendapatkan sertifikasi postel, keduanya antara lain PS5 model CFI-1018A dan CFI-1018B yang merupakan versi regular dan digital.

Tak hanya itu, tiga perangkat lain dari Sony juga mendapatkan sertifikasi dari Kemenkominfo yaitu, DualSense Wireless Controller (CFI-ZCT1G), Media Remote (CFI-ZMR1), dan Wireless Headset (CFI-ZWH1). Kelima perangkat ini didaftarkan oleh PT Sony Indonesia.

Sony mulai menjual PlayStation 5 dan menjanjikan pengiriman ke konsumen mulai 12 November 2020.

Baca juga :  Oppo Luncurkan Varian Terbaru Oppo F1S Khusus

Sistem jual yang dilakukan perusahaan dengan pre-order mulai US$500 atau Rp7,4 juta (kurs Rp14.816) untuk versi yang dilengkapi Blu-ray atau US$400 atau Rp5,9 juta untuk PS5 versi Digital Edition mengutip CNET, Kamis (17/9).

Kabar tersebut memberikan kepastian kepada konsumen yang hendak memiliki PS5 setelah sebelumnya Sony tampak tidak pasti terkait kehadiran gim konsol tersebut.

Tangkapan Layar Sertifikat PS5 SDPPITangkapan Layar Sertifikat PS5 SDPPI. (Foto: Screenshot Situs SDPPI Kominfo)
Selain harga konsol dan tanggal rilis, Sony juga merinci harga pengontrol nirkabel DualSense senilai U$70 atau Rp1 juta dan headset nirkabel Pulse 3D senilai US$100 atau Rp1,5 juta.

Melansir Market Watch, PS5 untuk pertama kali akan diluncurkan di Amerika Serikat, Jepang, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan pada 12 November, dan untuk pasar global sepekan kemudian.

Baca juga :  China Keluarkan Mobil Baru Mampu Basmi Virus Corona
Advertisement

Dalam presentasi beberapa waktu lalu, gim Spider-Man: Miles Morales akan tersedia saat peluncuran. Sedangkan Harry Potter: Hogwarts Legacy akan muncul pada 2021.

Seperti PS5, Microsoft diketahui juga akan meluncurkan pesaingnya, yaitu Xbox Series X yang dihargai US$500 atau Rp7,4 juta pada 10 November 2020. Sedangkan Xbox Series S yang diluncurkan di waktu yang bersamaan akan dibandeol US$300 atau Rp4,4 juta.

PS5 akhirnya resmi diperkenalkan pada Jumat (12/6). Konsol gim PS5 ini berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X.

PS5 memiliki dua varian perangkat yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis dibanding satu varian lainnya sebab perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk).

Karena tidak didukung oleh drive, maka varian Digital Edition dibanderol lebih murah.

Sama seperti saingannya, Xbox Series X, PS5 ditempatkan secara vertikal. Pada bagian bodi atas, Sony menempatkan ventilasi khusus yang berfungsi untuk pembuangan panas, berdampingan dengan USB-A dan USB-C.

Selain itu, perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini juga membuat beberapa aksesori khusus untuk PS5 seperti DualSense, kamera dengan resolusi HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan sebuah remote.

Menyoal salah satu aksesori PS5 yakni DualSense, seperti pengontrol DualShock, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol, sementara dua stik analognya ada di bagian bawah.

 

 

cnn

Edunews.

Kirim Berita via: [email protected]/[email protected]
Iklan Silahkan Hub 085242131678

Copyright © 2016-2019 Edunews.ID

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com