Tekno

PSBB, Penting Panaskan Mesin Mobil yang Parkir Lama

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) yang sudah berlaku di berbagai daerah membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah termasuk berkendara. Buat para pemilik kendaraan yang kebanyakan di rumah saja mesti ingat ritual penting namun kadang disepelekan yaitu memanaskan mesin kendaraan.

Pemerintah telah menyatakan situasi darurat virus corona (Covid-19) sampai akhir Mei, namun tidak ada yang tahu persis sampai kapan wabah itu bakal berakhir di Indonesia. Selama diimbau tetap di rumah saja, pemilik disarankan memarkirkan kendaraan dengan benar selama tidak terpakai.

Biar kondisi kendaraan selalu optimal, pemanasan mesin mesti dilakukan sekali-kali. Buat mesin kendaraan yang telah menggunakan teknologi injeksi proses ini tak perlu lama, cukup hitungan menit.

Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menganjurkan paling tidak mesin mobil dinyalakan satu kali dalam sepekan selama lima menit.

“Mobil harus tetap dinyalakan mesinnya, minimal satu minggu sekali,” jelas Didi melalui pesan singkat, Rabu (15/4/2020).

Selama parkir ada beberapa fitur yang tetap menyala 24 jam seperti alarm dan jam. Walau kebutuhan listrik perangkat elektronik itu kecil tetap saja mengonsumsi baterai alias aki.

Memanaskan mesin diperlukan guna mengisi kembali energi baterai. Selain itu pemilik juga bisa mengecek kesehatan mesin dengan mendengar suaranya, misalnya ada bunyi aneh bisa dideteksi lalu langsung dilakukan perawatan.

“Karena aki itu pasti berkurang daya karena penggunaan alat elektronik di mobil yang selalu aktif. Contohnya alarm mobil,” tutur dia.

Didi mengingatkan saat memanaskan mesin tak perlu sambil menginjak-injak gas. Kata dia cukup dibiarkan saja putaran mesin standar alias idle.

Menurut Didi bila memanaskan mesin tak rutin dilakukan dalam jangka waktu lama, ada kemungkinan baterai tekor. Hal ini bisa bikin sulit pemilik mobil waktu ingin berkendara pada kemudian hari.

“Jadi kalau aki sudah tekor, ini nanti bakal sulit di-starter,” ujarnya.

Lebih lanjut, Didi menambahkan jika pemilik ingin sedikit repot, sesekali bisa sedikit meluangkan waktu dengan berkeliling sejenak di dekat area rumah sembari mengendarai mobil.

 

cnn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Edunews.

Kirim Berita

Kirim berita ke email : [email protected][email protected]

ALAMAT

  • Jl. TB Simatupang, RT.6/RW.4, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540 Telepon : 021-740740  – 0817 40 4740

__________________________________

  • Graha Pena Lt 5 – Regus Jl. Urip Sumoharjo No. 20, Makassar Sulawesi Selatan 90234 Telepon : 0411 366 2154 –  0811 416 7811

Copyright © 2016-2022 Edunews.ID

To Top
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com