Tekno

Umur Ponsel Dinilai Penyebab HP Makin Lemot

ilustrasi

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Gawai makin lemot merupakan hal yang biasa ditemui. Kondisi ini berbeda dengan wine yang semakin lama disimpan akan semakin berkualitas dan nikmat untuk diminum.

Penyebab ponsel yang makin lemot adalah banyaknya ruang yang terpakai untuk menyimpan aplikasi, foto, video, dan hingga riwayat pencarian di browser. Hal ini membuat memori ponsel menjadi penuh.

Memakai ponsel dengan ruang penyimpanan yang tinggal tersisa sedikit akan membuat ponsel melambat. Untuk mengantisipasinya singkirkan aplikasi yang tidak lagi perlu, hapus foto dan video yang memiliki cadangan di tempat lain untuk mempertahankan kapasitas memori dalam kondisi yang normal.

Selain itu, pembaruan Sistem Operasi (OS) dan aplikasi baru memakan memori yang lebih banyak, karena itu jika ponsel kita menerima pembaruan sistem operasi Android, maka pembaruan tidak cocok untuk perangkat Anda dengan RAM dan ROM yang kecil.

Baca juga :  Beberapa Aplikasi ini Wajib Kamu Download saat Ramadhan

Bagi ponsel dengan RAM dan ROM yang kecil, pembaruan OS malah memperlambat ponsel. Bisa juga pengembang OS itu malah menambahkan aplikasi bloatware tambahan dalam pembaruan, yang berjalan di latar belakang dan memperlambat performa.

Selain itu, kemajuan teknologi membuat banyak aplikasi lebih memakan banyak RAM. Khususnya situs web atau gim yang membutuhkan pemrosesan lebih tinggi seiring dengan berkembangnya teknologi.

Advertisement

Apabila performa ponsel tak kunjung membaik ketika Anda sudah menghapus berbagai aplikasi dan isi galeri, maka Anda disarankan untuk melakukan reset pabrik (factory reset).

Opsi ini akan menghapus aplikasi yang tidak dibutuhkan, ditambah data sampah bawaan. Meskipun penyetelan ulang tidak akan mengembalikan ponsel ke kinerja saat masih baru, setidaknya opsi ini akan membuat ponsel tak lemot.

Sebelum kita memulai reset, cadangkan semua file, foto, dan video Anda dengan aman, karena proses reset akan menghapus semuanya.

Dilansir dari Popsci, pemilik juga disarankan untuk mengingat ulang berbagai password dalam akun aplikasi karena itu akan dibutuhkan ketika Anda mengunduh aplikasi itu lagi.

Opsi reset bisa dilakukan dengan cara membuka Pengaturan dan pilih Sistem. Selanjutnya pilih Atur ulang opsi, dan Hapus semua data (reset pabrik). Di iPhone, buka Pengaturan dan pilih General, Atur Ulang, dan Hapus Semua Konten dan Pengaturan.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com