Tekno

Whatsapp Rilis Stiker Bertema Corona

JAKARTA, EDUNEWS.ID – Layanan pesan instan populer, WhatsApp resmi merilis stiker yang diberi judul “Together at Home” atau Bersama-sama di Rumah demi menekan pandemi Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-Cov-2. Stiker ini memiliki varian sembilan bahasa termasuk Bahasa Indonesia.

Delapan bahasa lain yaitu Bahasa Arab, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Turki. Inisiasi ini dibuat berdasarkan kolaborasi antara WhatsApp dan Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

“Kami senang berkerja dengan WHO untuk meluncurkan paket stiker Together at Home yang akan membantu orang-orang tetap terhubung selama pandemi Covid-19,” tulis WhatsApp lewat laman resminya.

Ada 21 stiker yang ditawarkan WhatsApp, salah satunya figur tenaga medis yang digambarkan seperti tokoh kartun Super Man.

Baca juga :  Berikut Cara Atasi Baterai Boros di Ponsel

Paket stiker WhatsApp ini juga dibuat untuk mengingatkan pengguna agar mencuci tangan, menjaga jarak (physical distancing), dan berolahraga.

Fitur stiker besutan WhatsApp pertama kali diluncurkan tahun 2018, seperti dilansir Tech Crunch. Salah satu pasar utama anak perusahaan induk Facebook ini ialah India. Sebab WhatsApp paling banyak digunakan di negeri itu.

Advertisement

WhatsApp sudah banyak berupaya untuk memerangi pandemi virus corona baru. Sebelumnya, perusahaan dikabarkan bakal menambahkan partisipan untuk fitur panggilan video dan telepon.

Saat ini panggilan video maupun telepon hanya diperuntukan untuk empat partisipan dan akan dikembangkan sehingg bisa dinikmati enam partisipan.

Upaya lain perusahaan ialah membatasi pesan viral yang bisa diteruskan (forward) oleh para penggunannya demi menekan penyebaran misinformasi atau berita hoaks Covid-19.

Perusahaan menjelaskan setiap pesan yang tergolong viral hanya bisa diteruskan lagi ke satu kontak saja. Pesan yang tergolong viral adalah pesan yang sudah diteruskan kepada lima orang atau lebih.

Pesan seperti ini biasanya ditandai dengan tanda forward di WhatsApp. Jika pesan berubah menjadi tanda forward bertumpuk dua, berarti pesan itu sudah diteruskan lebih dari lima kali.

cnn

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com